Langsung ke konten utama

Sejarah Desa Jatimulyo



mediadesaku.com - Desa Jatimulyo dahulnya merupakan kawasan yang dipenuhi dengan hutan,Konon menurut cerita / narasumber yang ditemui/saksi hidup bahwa penduduk desa ini berasal dari Exs kontrak perkebunan kedaton dan sebagian lagi berasal dari Pulau Jawa yaitu dari Yogyakarta,Jawa tengah dan Jawa Barat.
Menurut sejarah desa ini mulai dihuni kurang lebih sejak 1910 dan kondisi pada waktu itu ekonomi masyarakat tidak menentu,maka penduduknya pun belum banyak yang menetap (sering berpindah-pindah). Karna pemasalahan yang mendasar adalah kurangnya persediaan untuk bahan makanan karena pertanian belum menghasilkan.dan setelah ladang mereka mulai menghasilkan baru setelah dua tahun para petani mendapatkan hasil dan sejak saat itu mulai banyak yang menetap.Kemudian terus berdatangan penduduk yang lainnya. Beru sukitar pada tahun 1920 berdirilah Desa Jatimulyo memisahkan diri dari Kedaton dengan Kepala Desa yang pertama yaitu Bapak SOIKROMO. Kepemimpinan bapak Soikromo berjalan cukup lama yaitu sekitar 24 Tahun,setelah itu Kepemimpinan Desa jatimulyo digantikan oleh Bapak AHMAD SOEBARI. Masa kepemimpinan Bapak Ahmad Soebari juga berjalan cukup lama sampai dengan Tahun 1965.Di karenakan Bapak Ahmad Soebari usianya sudah Lanjut/Tua maka Kepemimpinannya sebagai Kepala Desa dilanjutkan oleh Bapak P.Y SIMIN yaitu sejak meletusnya Gerakan 30 September PKI (G.30.S.PKI). Karena Bapak P.Y.Simin pada waktu itu juga merangkap sebagai Anggota TNI,maka jabatan sebagai Kepala Desa tidak berlangsung lama yaitu hanya kurang lebih 2 tahun  dan kemudian digantikan oleh Bapak RAKIMAN. Jabatan Kepala Desa di emban oleh Bapak Rakiman berkisar sejak tahun 1967.
Pada awalnya Kepemimpinan Bapak Rakiman berlangsung Baik,bahkan pada tahun 1972 beliau dapat membangun Pasar Desa Jatimulyo,namun sejak pendirian Pasar tersebut kinerja Bapak Rakiman mulai kurang Naik,bahkan mulai tidak disukai oleh Masyarakat,dan akhirnya Pada Tahun1973 Kepemimpinan Desa Jatimulyo di Gantikan oleh Bapak MADIMAN yang merupakan seorang Pegawai Negeri Sipil yang memutuskan untuk Pensiun Dini.
Kepemimpinan Bapak Madiman bisa diterima oleh Masyarakat tetapi karena kondisi Kesehatan Bapak Madiman tidak memungkinkan lagi,maka Bapak Madiman memutuskan untuk mengundurkan diri dari jabatan Kepala Desa. Dan pada tahun 1977 diadakan Pemilihan Kepala Desa yang di ikuti oleh empat calon Kepala Desa dan dari hasil pemilihan tersebut Bapak KAHONO.AW keluar sebagai Pemenang.dan Sejak Tahun 1977 Bapak Kahono.AW Resmi menjabat sebagai Kepala Desa Jatimulyo.
Karena keberhasilan Kepemimpinan Bapak Kahono.AW sehingga Desa Jatimulyo pernah dijadikan Desa sasaran untuk Study Banding oleh negara-negara dari Benua Afrika Selatan dalam bidang Keluarga Berencana (KB). Dan dikunjungi langsung oleh Bapak Menteri HARYONO SUYONO yang pada saat itu menjabap sebagai Menteri Kependudukan dan Ketua BKKBN.Tetapi Kepemimpinan Bapak Kahono.AW hanya bertahan 1 Periode.Kemudian pada Tahun 1998 diadakan Pemilihan Kepala Desa yang dimenagkan oleh Bapak SUGIYANTO. Karena keberhasilan Bapak Sugiyanto, maka beliau dapat menjabat selama 2 Periode dan berakhir pada Tahun 2012. Dikarenakan Undang-Undang mengatur seorang Kepala Desa hanya dapat memimpin selama 2 periode dan akhirnya di adakan Pemilihan Kepala Desa yang di ikuti oleh 5 Calon dan dimenangkan oleh Bapak SUHARNO. Hingga Akhirnya Desa Jatimulyo sejak Tahun 2013 dipimpin oleh Bapak SUHARNO sampai dengan 2018. 2018 dilanjutkan oleh Bapak SUTRISNO, SE sampai dengan sekarang.

Berikut ini nama-nama Kepala Desa beserta masa jabatannya :
No
NAMA KEPALA DESA
TAHUN KEPEMIMPINAN
1
SOIKROMO
1920-1944
2
AHMAD SOEBARI
1945-1965
3
P.Y SIMIN
1966-1968
4
RAKIMAN
1969-1973
5
MADIMAN
1974-1983
6
KAHONO.AW
1984-1997
7
SUGIYANTO
1998-2013
8
SUHARNO
2013-2018
9
SUTRISNO, SE
2018 s/d Sekarang

Komentar

Postingan populer dari blog ini

FESTIVAL LOMBA VIRTUAL HUT RI KE-76 KARANG TARUNA DESA JATIMULYO

Dokumentasi Kegiatan   Dalam rangka memperingati HUT RI Ke-76 di tengah Pandemi Covid-19 serta dalam situasi Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Level 4 di wilayah kabupaten Lampung Selatan. Karang Taruna Desa Jatimulyo melakukan serangkai kegiatan untuk memperingati Hari Kemerdekaan Republik Indonesia untuk menyiasati hal tersebut kegiatan ini dilakukan secara virtual dengan mengadakan "Festival Lomba Virtual", yang ditujukan untuk Pemuda/Pemudi di Desa Jatimulyo. Festival Lomba Virtual dimulai tanggal 12 Agustus 2021 dan berakhir 29 Agustus 2021. Ada berbagai cabang perlombaan yang diperlombakan diantaranya: Hadroh Virtual, Solo Song Virtual, dan Foto Menarik tema Kemerdekaan. Antusias pemuda/i Desa Jatimulyo sangat baik terlihat dari banyaknya Partisipan peserta yang mendaftar disetiap cabang perlombaan. Dokumentasi Kegiatan Tujuan kegiatan ini selain untuk memperingati HUT RI Ke-76, juga bertujuan menggali potensi, serta menyalurkan kreatifitas Pemuda/i D

GANDENG LPPM IAIN METRO, KADES JATIMULYO ADAKAN PENYULUHAN ANTI KORUPSI

Kamis, 4 November 2021, Pemerintah desa Jatimulyo melaksanakan kegiatan pemyuluhan anti korupsi dilingkungan karang taruna sebagai generasi muda di desa Jatimulyo.  Kegiatan yang berjudul "Penggunaan Media Sosial dalam Penyuluhan Anti Korupsi Bagi Pemuda Desa Jatimulyo KecamatanJati Agung Kabupaten Lampung Selatan” bertujuan untuk mengajak generasi muda desa Jatimulyo turut serta mengawasi dan mendukung Pemerintah desa dalam melaksanakan anggaran dana desa sebaik mungkin.  Acara penyuluhan anti korupsi ini dilaksanakan dengan menggandeng tim riset dari LPPM IAIN Metro, ketua tim riset Ahmad Syarifudin, MH menuturkan bahwa pentingnya menanamkan kesadaran tentang anti korupsi di kalangan pemuda.  "saya ingin mengajak pemuda-pemudi desa Jatimulyo agar memiliki  kesadaran dan pandangan yang sama terhadap bahaya korupsi, dengan semakin banyak orang yang sadar akan membuat ruang korupsi semakin sempit, dan kedepan menjanjikan kondisi yang lebih baik" tuturnya.  Kepala desa jug

INFO GRAFIS ANGGARAN APBDes 2021