Langsung ke konten utama

WAJIB TAHU! MANFAAT TIMUN SURI UNTUK KESEHATAN, YANG SERING KITA SANTAP SAAT BERBUKA PUASA


Kita semua pasti sudah tidak asing dengan buah yang satu ini. Buah ini sangat popular sebagai sajian minuman khas saat berbuka puasa dibulan Ramadhan. Buah yang memiliki nama latin Cucumis sativus ini banyak digemari oleh masyarakat Indonesia. Ya benar, buah yang dimaksud adalah timun suri. Walaupun sering disebut timun, tetapi pada kenyataannya timun suri masih berkerabat dengan labu-labuan (Cucurbitaceae), masih berkerabat dengan labu, melon dan juga semangka. Buah ini memiliki banyak nutrisi yang bermanfaat untuk tubuh, contohnya seperti asam linoleat, vitamin A, vitamin C, Kalium, Potasium, dan Magnesium yang sangat bermanfaat untuk tubuh kita. Selain mengandung berbagai macam nutrisi timun suri juga memiliki manfaat kainnya yang berguna untuk tubuh.

Seperti dikutip dari laman Hallosehat, Jumat (16/11/2018), berikut 4 manfaat kesehatan timun suri yang baik untuk tubuh:

1.            1.  Sebagai Sumber Anti Oksidan

Timun suri ternyata mengandung banyak zat anti oksidan loh, dikutip dari Mayo Clinic timun suri mengandung vitamin C, beta karoten, flavonoid, triterpene dan lignan yang memiliki sifat anti-inflamasi. Vitamin C juga dikenal memiliki manfaat yang dapat meningkatkan system kekebalan tubuh, sedangkat beta karoten yang bekhasiat untuk pengelihatan mata.

Kemudian dalam subuah penelitian yang diterbitkan dalam Journal of Young Pharmacists tahun 2010, mengatakan bahwa buah-buahan yang tergabung dalam keluarga labu-labuan memiliki kemampuan menangkal radikal bebas yang ada didalam tubuh. Seperti yang kita tahu radikal bebas banyak dihubungkan dengan bermacam-macam penyakit berbahaya.

2.            2. Mengandung Zat Anti Kanker

Buah yang biasa kita jumpai saat bulan Ramadhan ini, juga dapat menghambat pertumbuhan sel kanker dan tumor. Seperti yang disampaikan sebuah penelitian pada tahun 2010 yang termuat di Scientific World Journal, para peneliti sudah menemukan bahwa kandungan saponin yang terdapat pada timun suri dapat membantu menghambat jalan sinyal yang penting untuk  mencegah munculnya sel kanker dan kerusakan sistem daya tahan tubuh.

                  3Mencegah Alzheimer

Salah satu kandungan nutrisi yang terdapat pada timun suri adalah vitamin K, dalam jumlah yang tinggi. Vitamin K ini sangat berguna untuk membantu meningkatkan massa tulang dan mengembangkan osteotropik pada sendi tulang. Vitamin K ini juga dikenal sebagai obat yang menghambat kerusakan neuroal di otak. Sehingga kata lain, dengan mengkonsumsi timun suri dengan teratur dan takaran yang pas dapat membantu mencegah terserang penyakit Alzheimer.

4.             4Membantu Sistem Pencernaan dan Menhidrasi Tubuh

Karena timun suri memiliki kadar air dan serat yang tinggi, sehingga bukan rahasia jika buah ini juga baik untuk sistem pencernaan. Anda yang menderita maag atau susah BAB, atau peradangan luka pada lambung, buah ini sangat dianjurkan untuk dikonsumsi. (RS)





Komentar

Postingan populer dari blog ini

FESTIVAL LOMBA VIRTUAL HUT RI KE-76 KARANG TARUNA DESA JATIMULYO

Dokumentasi Kegiatan   Dalam rangka memperingati HUT RI Ke-76 di tengah Pandemi Covid-19 serta dalam situasi Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Level 4 di wilayah kabupaten Lampung Selatan. Karang Taruna Desa Jatimulyo melakukan serangkai kegiatan untuk memperingati Hari Kemerdekaan Republik Indonesia untuk menyiasati hal tersebut kegiatan ini dilakukan secara virtual dengan mengadakan "Festival Lomba Virtual", yang ditujukan untuk Pemuda/Pemudi di Desa Jatimulyo. Festival Lomba Virtual dimulai tanggal 12 Agustus 2021 dan berakhir 29 Agustus 2021. Ada berbagai cabang perlombaan yang diperlombakan diantaranya: Hadroh Virtual, Solo Song Virtual, dan Foto Menarik tema Kemerdekaan. Antusias pemuda/i Desa Jatimulyo sangat baik terlihat dari banyaknya Partisipan peserta yang mendaftar disetiap cabang perlombaan. Dokumentasi Kegiatan Tujuan kegiatan ini selain untuk memperingati HUT RI Ke-76, juga bertujuan menggali potensi, serta menyalurkan kreatifitas Pemuda/i D

GANDENG LPPM IAIN METRO, KADES JATIMULYO ADAKAN PENYULUHAN ANTI KORUPSI

Kamis, 4 November 2021, Pemerintah desa Jatimulyo melaksanakan kegiatan pemyuluhan anti korupsi dilingkungan karang taruna sebagai generasi muda di desa Jatimulyo.  Kegiatan yang berjudul "Penggunaan Media Sosial dalam Penyuluhan Anti Korupsi Bagi Pemuda Desa Jatimulyo KecamatanJati Agung Kabupaten Lampung Selatan” bertujuan untuk mengajak generasi muda desa Jatimulyo turut serta mengawasi dan mendukung Pemerintah desa dalam melaksanakan anggaran dana desa sebaik mungkin.  Acara penyuluhan anti korupsi ini dilaksanakan dengan menggandeng tim riset dari LPPM IAIN Metro, ketua tim riset Ahmad Syarifudin, MH menuturkan bahwa pentingnya menanamkan kesadaran tentang anti korupsi di kalangan pemuda.  "saya ingin mengajak pemuda-pemudi desa Jatimulyo agar memiliki  kesadaran dan pandangan yang sama terhadap bahaya korupsi, dengan semakin banyak orang yang sadar akan membuat ruang korupsi semakin sempit, dan kedepan menjanjikan kondisi yang lebih baik" tuturnya.  Kepala desa jug

INFO GRAFIS ANGGARAN APBDes 2021