WAJIB TAHU! MANFAAT TIMUN SURI UNTUK KESEHATAN, YANG SERING KITA SANTAP SAAT BERBUKA PUASA


Kita semua pasti sudah tidak asing dengan buah yang satu ini. Buah ini sangat popular sebagai sajian minuman khas saat berbuka puasa dibulan Ramadhan. Buah yang memiliki nama latin Cucumis sativus ini banyak digemari oleh masyarakat Indonesia. Ya benar, buah yang dimaksud adalah timun suri. Walaupun sering disebut timun, tetapi pada kenyataannya timun suri masih berkerabat dengan labu-labuan (Cucurbitaceae), masih berkerabat dengan labu, melon dan juga semangka. Buah ini memiliki banyak nutrisi yang bermanfaat untuk tubuh, contohnya seperti asam linoleat, vitamin A, vitamin C, Kalium, Potasium, dan Magnesium yang sangat bermanfaat untuk tubuh kita. Selain mengandung berbagai macam nutrisi timun suri juga memiliki manfaat kainnya yang berguna untuk tubuh.

Seperti dikutip dari laman Hallosehat, Jumat (16/11/2018), berikut 4 manfaat kesehatan timun suri yang baik untuk tubuh:

1.            1.  Sebagai Sumber Anti Oksidan

Timun suri ternyata mengandung banyak zat anti oksidan loh, dikutip dari Mayo Clinic timun suri mengandung vitamin C, beta karoten, flavonoid, triterpene dan lignan yang memiliki sifat anti-inflamasi. Vitamin C juga dikenal memiliki manfaat yang dapat meningkatkan system kekebalan tubuh, sedangkat beta karoten yang bekhasiat untuk pengelihatan mata.

Kemudian dalam subuah penelitian yang diterbitkan dalam Journal of Young Pharmacists tahun 2010, mengatakan bahwa buah-buahan yang tergabung dalam keluarga labu-labuan memiliki kemampuan menangkal radikal bebas yang ada didalam tubuh. Seperti yang kita tahu radikal bebas banyak dihubungkan dengan bermacam-macam penyakit berbahaya.

2.            2. Mengandung Zat Anti Kanker

Buah yang biasa kita jumpai saat bulan Ramadhan ini, juga dapat menghambat pertumbuhan sel kanker dan tumor. Seperti yang disampaikan sebuah penelitian pada tahun 2010 yang termuat di Scientific World Journal, para peneliti sudah menemukan bahwa kandungan saponin yang terdapat pada timun suri dapat membantu menghambat jalan sinyal yang penting untuk  mencegah munculnya sel kanker dan kerusakan sistem daya tahan tubuh.

                  3Mencegah Alzheimer

Salah satu kandungan nutrisi yang terdapat pada timun suri adalah vitamin K, dalam jumlah yang tinggi. Vitamin K ini sangat berguna untuk membantu meningkatkan massa tulang dan mengembangkan osteotropik pada sendi tulang. Vitamin K ini juga dikenal sebagai obat yang menghambat kerusakan neuroal di otak. Sehingga kata lain, dengan mengkonsumsi timun suri dengan teratur dan takaran yang pas dapat membantu mencegah terserang penyakit Alzheimer.

4.             4Membantu Sistem Pencernaan dan Menhidrasi Tubuh

Karena timun suri memiliki kadar air dan serat yang tinggi, sehingga bukan rahasia jika buah ini juga baik untuk sistem pencernaan. Anda yang menderita maag atau susah BAB, atau peradangan luka pada lambung, buah ini sangat dianjurkan untuk dikonsumsi. (RS)





Reaksi:

0 komentar:

Posting Komentar