Langsung ke konten utama

Mahasiswa KKN-DR ITERA 2020 Melakukan Sosialiasi Terkait Kampanye New Normal, Kampanye Tertib Lalu Lintas dan Kampanye Pemeliharan Saluran Air (Drainase) Dengan Masyarakat Kawasan Pasar Jatimulyo.




Sosialisasi dengan Masyarakat Pasar Desa Jatimulyo

Lampung Selatan - Mahasiswa KKN-DR ITERA 2020 Melakukan Sosialiasi Terkait Kampanye New Normal, Kampanye Tertib Lalu Lintas dan Kampanye Pemeliharan Saluran Air (Drainase) Dengan Masyarakat Kawasan Pasar Jatimulyo.

Lampung Selatan (24 Juli 2020), mahasiswa KKN-DR ITERA melakukan kampanye terkait tatanan baru hidup di era new normal.  Prinsip utama dari New Normal sendiri adalah menyesuaikan dengan pola hidup. Protokol Kesehatan menjadi aturan yang disebutkan dalam pengaplikasisan new normal, dengan cara menjagajarak sosial dengan mengurangi kontak fisik dengan orang lain. Maka dari ini Mahasiswa KKN-DR ITERA melakukan sosialisai terkait hal-hal apa saja yang harus dipersiapkan dalam menjalani masa pademi pada era new normal ini agar masyarakat siap beradaptasi dengan pola hidup yang baru ini khususnya di tempat-tempat yang ramai seperti pasar Jatimulyo.

Kampanye mengenai patuh aturan lalu lintas pun dilaksanakan bersamaan dengan kampanye new normal dikarenakan banyak masyarakat yang berada di pasar belum memperhatikan tentang tata tertib berlalu lintas, hal ini terlihat dari semrawutnya kendaraan yang berada di pasar Jatimulyo. Mulai dari tidak tertibnya memarkirkan kendaraan dan kerap kali berhenti disembarang bahu-bahu jalan pasar. Melihat keadaan ini Mahasiswa KKN-DR ITERA juga berinisiatif terjun langsung ke pasar untuk mensosialisasikan tentang tata tertib berlalulintas di daerah pasar.

Adapun kampanye yang dilakukan mahasiswa KKN-DR ITERA terkait masalah sampah di saluran air dimana masih terdapat saluran air disekitar pasar Jatimulyo yang tidak berfungsi dengan baik, hal ini menjadikan air tidak dapat mengalir dan menggenangi jalan. Terkadang kurangnya kesadaran masyarakat untuk menjaga saluran air mengakibatkan fasilitas lain menjadi rusak, maka masyarakat masih perlu diingatkan untuk menjaga saluran air (drainase) di desa Jatimulyo.

Melakukan Sosialisasi singkat dengan menyebarkan poster-poster di dalam pasar Mahasiswa KKN-DR ITERA mengharapkan masyarakat yang berada di tempat umum akan lebih sadar dengan protokol-protokol kesehatan yang harus diterapkan di era new normal ini, dan juga masyarakat akan lebih memperhatika keselamatan dalam berkendara dengan mematuhi tata tertib lalu lintas dan kampanye untuk menjaga saluran air (drainase) di desa Jatimulyo  membuat masyarakat tergerak untuk lebih peduli terhadap masalah-masalah yang timbul di drainase.

Editor By : Tim KKN-DR ITERA 2020
KKN Desa Jatimulyo, Kec. Jati Agung, Kab. Lampung Selatan.
Official Account :
@kkn_itera_desa_jatimulyo

Komentar

Postingan populer dari blog ini

FESTIVAL LOMBA VIRTUAL HUT RI KE-76 KARANG TARUNA DESA JATIMULYO

Dokumentasi Kegiatan   Dalam rangka memperingati HUT RI Ke-76 di tengah Pandemi Covid-19 serta dalam situasi Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Level 4 di wilayah kabupaten Lampung Selatan. Karang Taruna Desa Jatimulyo melakukan serangkai kegiatan untuk memperingati Hari Kemerdekaan Republik Indonesia untuk menyiasati hal tersebut kegiatan ini dilakukan secara virtual dengan mengadakan "Festival Lomba Virtual", yang ditujukan untuk Pemuda/Pemudi di Desa Jatimulyo. Festival Lomba Virtual dimulai tanggal 12 Agustus 2021 dan berakhir 29 Agustus 2021. Ada berbagai cabang perlombaan yang diperlombakan diantaranya: Hadroh Virtual, Solo Song Virtual, dan Foto Menarik tema Kemerdekaan. Antusias pemuda/i Desa Jatimulyo sangat baik terlihat dari banyaknya Partisipan peserta yang mendaftar disetiap cabang perlombaan. Dokumentasi Kegiatan Tujuan kegiatan ini selain untuk memperingati HUT RI Ke-76, juga bertujuan menggali potensi, serta menyalurkan kreatifitas Pemuda/i D

GANDENG LPPM IAIN METRO, KADES JATIMULYO ADAKAN PENYULUHAN ANTI KORUPSI

Kamis, 4 November 2021, Pemerintah desa Jatimulyo melaksanakan kegiatan pemyuluhan anti korupsi dilingkungan karang taruna sebagai generasi muda di desa Jatimulyo.  Kegiatan yang berjudul "Penggunaan Media Sosial dalam Penyuluhan Anti Korupsi Bagi Pemuda Desa Jatimulyo KecamatanJati Agung Kabupaten Lampung Selatan” bertujuan untuk mengajak generasi muda desa Jatimulyo turut serta mengawasi dan mendukung Pemerintah desa dalam melaksanakan anggaran dana desa sebaik mungkin.  Acara penyuluhan anti korupsi ini dilaksanakan dengan menggandeng tim riset dari LPPM IAIN Metro, ketua tim riset Ahmad Syarifudin, MH menuturkan bahwa pentingnya menanamkan kesadaran tentang anti korupsi di kalangan pemuda.  "saya ingin mengajak pemuda-pemudi desa Jatimulyo agar memiliki  kesadaran dan pandangan yang sama terhadap bahaya korupsi, dengan semakin banyak orang yang sadar akan membuat ruang korupsi semakin sempit, dan kedepan menjanjikan kondisi yang lebih baik" tuturnya.  Kepala desa jug

INFO GRAFIS ANGGARAN APBDes 2021