Langsung ke konten utama

Mahasiswa KKN-DR ITERA 2020 Mengadakan Sosialisasi Mitigasi Bencana Alam di Desa Jatimulyo, Kec. Jati Agung



Simulasi Proses Terjadinya Bencana Alam

Lampung Selatan - Mahasiswa KKN-DR ITERA 2020 Mengadakan Sosialisasi Mitigasi Bencana Alam di Desa Jatimulyo, Kec. Jati Agung .

Lampung Selatan (16 Juli 2020), Sebanyak 52 peserta yang hadir dalam sosialisasi yang diadakan oleh mahasiswa KKN-DR ITERA dilakukan dalam 2 sesi guna mematuhi protocol kesehatan yang berlaku, kegiatan ini dihadiri oleh ibu-ibu PKK, Karang Taruna, dan Mahasiswa Universitas Lampung, dengan di dampingi oleh Dosen Pembimbing Lapangan (DPL) Dr. Raden Putra dan dihadiri oleh Sidiq sebagai Sekretaris Desa dan Sri Utari sebagai Ketua PKK Desa Jatimulyo, Kecamatan Jati Agung.

Pemaparan Materi Sosialisasi Mitigasi Bencana oleh Agus Santoso dan Daniel Abrian Natan Purnomo



Pembelajaran tentang bencana menjadi salah satu fasilitas yang dapat berpengaruh besar dalam menyiapkan warga masyarakat yang tanggap akan bencana. Dengan terjadinya bencana angin puting beliung yang baru-baru ini terjadi di desa jatomulyo tepatnya di Dusun 3, RT. 32/33 menjadi evaluasi kami untuk menyiapkan sikap yang seharusnya warga ambil dalam menyikapi adanya bencana yang akan terjadi dikemudian hari.

Sosialisas Mitigasi Bencana Alam ini dilakukan sebagai salah satu program kerja individu dari Agus Santoso, Daniel Abrian Natan Purnomo dan Raden Ayu. Dalam pemaparan materi yang disampaikan oleh mahasiswa KKN-DR ITERA ini bertujuan untuk pengenalan dini kepada warga masyarakat desa jatimulyo tepatnya ibu-ibu PKK dan Karang Taruna menyangkut tentang tindakan yang harus dilakukan masyarakat saat terjadi, sedang terjadi, dan sesudah terjadi bencana.

Dito Arman sebagai Ketua Karang Taruna mengatakan, “Sosialisasi Mitigasi Bencana ini sangat membantu masyarakat dalam memahami bahaya dari bencana itu sendiri dan memberikan pengetahuan bagaimana cara menghadapi bencana karena kita tidak tahu kapan bencana alam ini akan terjadi”.

Dengan adanya pembelajaran atau sosialisasi ini kami mengharapkan program kerja ini bisa berdampak positif terhadap masyarakat desa jatimulyo.




Editor By : Tim KKN-DR ITERA 2020
KKN Desa Jatimulyo, Kec. Jati Agung, Kab. Lampung Selatan.
Official Account :
@kkn_itera_desa_jatimulyo




Komentar

Postingan populer dari blog ini

FESTIVAL LOMBA VIRTUAL HUT RI KE-76 KARANG TARUNA DESA JATIMULYO

Dokumentasi Kegiatan   Dalam rangka memperingati HUT RI Ke-76 di tengah Pandemi Covid-19 serta dalam situasi Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Level 4 di wilayah kabupaten Lampung Selatan. Karang Taruna Desa Jatimulyo melakukan serangkai kegiatan untuk memperingati Hari Kemerdekaan Republik Indonesia untuk menyiasati hal tersebut kegiatan ini dilakukan secara virtual dengan mengadakan "Festival Lomba Virtual", yang ditujukan untuk Pemuda/Pemudi di Desa Jatimulyo. Festival Lomba Virtual dimulai tanggal 12 Agustus 2021 dan berakhir 29 Agustus 2021. Ada berbagai cabang perlombaan yang diperlombakan diantaranya: Hadroh Virtual, Solo Song Virtual, dan Foto Menarik tema Kemerdekaan. Antusias pemuda/i Desa Jatimulyo sangat baik terlihat dari banyaknya Partisipan peserta yang mendaftar disetiap cabang perlombaan. Dokumentasi Kegiatan Tujuan kegiatan ini selain untuk memperingati HUT RI Ke-76, juga bertujuan menggali potensi, serta menyalurkan kreatifitas Pemuda/i D

GANDENG LPPM IAIN METRO, KADES JATIMULYO ADAKAN PENYULUHAN ANTI KORUPSI

Kamis, 4 November 2021, Pemerintah desa Jatimulyo melaksanakan kegiatan pemyuluhan anti korupsi dilingkungan karang taruna sebagai generasi muda di desa Jatimulyo.  Kegiatan yang berjudul "Penggunaan Media Sosial dalam Penyuluhan Anti Korupsi Bagi Pemuda Desa Jatimulyo KecamatanJati Agung Kabupaten Lampung Selatan” bertujuan untuk mengajak generasi muda desa Jatimulyo turut serta mengawasi dan mendukung Pemerintah desa dalam melaksanakan anggaran dana desa sebaik mungkin.  Acara penyuluhan anti korupsi ini dilaksanakan dengan menggandeng tim riset dari LPPM IAIN Metro, ketua tim riset Ahmad Syarifudin, MH menuturkan bahwa pentingnya menanamkan kesadaran tentang anti korupsi di kalangan pemuda.  "saya ingin mengajak pemuda-pemudi desa Jatimulyo agar memiliki  kesadaran dan pandangan yang sama terhadap bahaya korupsi, dengan semakin banyak orang yang sadar akan membuat ruang korupsi semakin sempit, dan kedepan menjanjikan kondisi yang lebih baik" tuturnya.  Kepala desa jug

INFO GRAFIS ANGGARAN APBDes 2021